EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR
Abstract
This research aimed to describe the effectiveness of guided inquiry learning model to increase fluency thinking skills of students in reaction rate of chemistry topic. The population of this research was students of the MIA 9th grade of SMAN 5 Bandar Lampung. The samples were the MIA3 and MIA5 9th grade where they were taken by using purposive sampling. The research used quasi experimental method with non equivalent (pretest and postest) control-group design. The results showed that the average n-Gain of fluency thinking skills of student in control class and experimental class were 0.62 and 0.76, respectively. Based on hypothesis testing concluded that guided inquiry learning model was effective to improve fluency thinking skills of students in reaction rate of chemistry topic.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMAN 5 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel kelas XI MIA3 dan XI MIA5. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent (pretest and postest) control-group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,62 dan 0,76. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar.
Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, laju reaksi, model pembelajaran inkuiri terbimbingFull Text:
PDFReferences
Andalan, M. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbiming pada Materi Koloid dalam Meningkatkan Keterampilam Berpikir Lancar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.
Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches Second Edition. New Delhi: Sage Publications.
Marlinda, M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengidentifikasi Kesimpulan pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.
Munandar, U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyatna, A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Astronomi Berbasis Inkuiri dan Eksplorasi serta Berorientasi Pemberian Contoh untuk Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan. 1-11
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Penerbit Imtima.
Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Yanti, D.M. 2014. Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Elektrolit-Non elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.