EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL

Yuwanti Eka Sari, Ratu Betta Rudibyani, Ila Rosilawati

Abstract


The aim of this research was to describe the effectivity of problem solving learning to increase students originality thinking ability on the reactions rate of chemistry subject. This research used Non Equivalent Control Group Design and the sample was choosen using purposive sampling. Population of the research, was tenth grade students of SMA Negeri 1 Gedong Tataan at first semester in the 2013/2014 year and the sample were, XI science 1 and XI science 3. The effectivity of problem solving learning was analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes. The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,67 and 0,38. Based on hyphothesis testing (t-test), it can be concluded that problem solving learning is effective to increase students originality thinking ability on the reactions rate of chemistry subject.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi laju reaksi. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gedong Tataan semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA3. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam berpikir orisinil pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,67 dan 0,38. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji-t), diketahui bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi laju reaksi.


Kata kunci: kemampuan berpikir orisinil, laju reaksi, model problem solving


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gabel, D. L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Munandar, U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Poedjiadi, A. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu Bagi Pendidik. Bandung: Yayasan Candrawasih.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Syafriany, S. 2013. Upaya Me-ningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatnif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Bandung: Prenada Media Group.

Wahyudi, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Belajar Matematika Dengan Mengunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Siswa Kelas VIID SMPN 2. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.