ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DENGAN INKUIRI TERBIMBING

Yosi Ermalinda, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


This research aimed to describe the students conclusions skills on the fundamental laws of chemistry matter by using guided inquiry models for high, intermediate and low groups of student. The subjects were students of class X7 SMA Negeri 13 Bandar Lampung. This research used the pre-experimental method, a one-shot case study design, and descriptive research. The results showed that the skill of draw conclusions in high level group 42.86% were excellent, 42.86% were good, and 14.28% enough. In the intermediate level group 12.5% were excellent, 68.75% were good, and 18.75% were enough. In the low level group 11.11% were excellent, 33.33% were good, and 55.56% were enough.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimpulkan siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia melalui penerapan model Inkuiri Terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X7 SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini mengunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. Dengan analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dalam hal ini kemampuan menyimpulkan pada kelompok tinggi 42,86% berkriteria sangat baik, 42,86% berkriteria baik, dan 14,28% berkriteria cukup. Pada kelompok sedang 12,5% berkriteria sangat baik, 68,75% berkriteria baik, dan 18,75% berkriteria cukup. Pada kelompok rendah 11,11% berkriteria sangat baik, 33,33% berkriteria baik dan 55,56% lainnya berkriteria cukup.

Kata kunci : hukum-hukum dasar kimia, inkuiri terbimbing, kemampuan menyimpulkan.


Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Inkuiri. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, H. 2012. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing Pada materi hukum-hukum dasar kimia dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Skripsi. Bandar Lampung. Unila.

Rosmawati. 2014.Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan dan Penguasaan Konsep Pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Sudbudhy, Endang R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.

Suharyanti, E. 2012. Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga Pada Pokok Bahasan Lingkaran. Skripsi. Diakses pada tanggal 24 Februari 2014 dari http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1871

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.