PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR EVALUATIF PADA LARUTAN ELEKTROLIT NON-ELEKTROLIT

Eva Margaretha purba, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of problem solving to increase student’s evaluation thinking skills on electrolyte non-electrolyte.  The method of the research was quasi-experimental with Non Equivalent Control Group Design.  The samples were taken by purposive sampling technique.  The population of this research was all student in X class of SMA Negeri 4 Metro whose sit in odd semester of academic year 2013/2014 and the samples were X2 and X4 of ten class.  The effectiveness of scientific approach was measured based on the significant difference of n-Gain score between control class and experiment class.  The result of research showed that the average n-Gainscore of student’s evaluation thinking skills for experiment class was 0,57 and 0,39 for control class.  Based on the hypothesis testing, it was known that scientific approach learning was effective to increase student’s evaluation thinking skills on electrolyte non-electrolyte.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi larutan elektrolit non-elektrolit .  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design.  Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 4 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 dan X4.  Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir evaluatif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,57 dan 0,39.  Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran mengguna­kan model problem solvingefektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi larutan elektrolit non-elektrolit .

 

Kata kunci: model problem solving, kemampuan berpikir evaluatif, larutan elektrolit non-elektrolit


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Baer. 1993. Problem Solving Dapat Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis-Kreatif Siswa (skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, B.S dan A. Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gabel, D. L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Munandar, S. C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun. 2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.

Wahyudi, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Belajar Matematika Dengan Mengunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Siswa Kelas VIID SMPN 2 (skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.