ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING

Kenia Mahargyani, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe fluency thinking skill in electrolyte nonelectrolyte subject matter by using guided inquiry learning model for high, intermediate and low groups of student.  The subject were students of class X1 SMA Negeri 2 Metro.  This research used the pre-experimental method, a one-shot case study design, and data analysis using statistic descriptive.  The results showed that fluency thinking skill in high level group 57,14% were excellent, 28,57% were good, and 14,29% were enough.  In the intermediate level group, 17,65% were excellent, 70,59% were good, and 11,76% students were enough.  In the low level group, 14,29% were excellent, 28,57% were good, and 57,14% students were enough.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit nonelektrolit menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Metro.  Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam berpikir lancar pada kelompok tinggi 57,14 % siswa berkriteria sangat baik, 28,57% siswa berkriteria baik dan 14,29% berkriteria cukup.  Pada kelompok sedang 17,65% siswa berkriteria sangat baik, 70,59% siswa berkriteria baik, 11,76% siswa lainnya berkriteria cukup.  Pada kelompok rendah 14,29% siswa berkriteria sangat baik, 28,57% siswa berkriteria baik, dan 57,14% siswa lainnya berkriteria cukup.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir lancar, larutan elektrolit nonelektrolit.


Full Text:

PDF

References


Andalan, M. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Koloid dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arends, R.I. 2008. Learning to teach. Singapore: Mc-Graw-Hill book company.

Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Evans, J.R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: SPs-UPI Bandung.

Munandar, S.C.U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sadbudhy, E.R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pramuda Media Group.

Suharyanti, E. 2012. Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga pada Pokok Bahasan Lingkaran. Skripsi. Diakses pada tanggal 24 Februari 2014 dari http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1871.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H.B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarni, E.W. 2006. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.