KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI SISWA PADA MATERI REDOKS DI SMA

Sri Purwaningsih, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This research is aimed to describe grouping and inference skills of redoks material through problem solving model of student cognitive group.The subject is 26 students of X1 SMAN 1 Trimurjo. The method for this research is pre-experiment with one shot case study design and statistic descriptive for data analysis. This research will show problem solving model of redoks material for: (1) grouping skill: high category 100% are excellent; in medium 69,23% are excellent, 23,08% are good and 7,69% are enough; in low category 42,86% are excellent, 42,86% are good, and 14,28% are enough. (2) inference skill: For high category 83,33% are excellent and 16,67% are good. for medium category 53,85% are excellent, 38,46% are good and 7,69% are enough; for low category 42,86% are excellent, 42,86% are good and 14,28% are enough.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi redoks dengan model problem solving untuk kelompok kognitif siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Trimurjo berjumlah 26 siswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada meteri redoks untuk : (1) keterampilan mengelompokkan: pada kelompok tinggi 100% berkriteria sangat baik; pada kelompok sedang 69,23% berkriteria sangat baik, 23,08% baik, dan 7,69% cukup; pada kelompok rendah 42,86% berkriteria sangat baik, 42,86% baik, dan 14,28% cukup. (2) keterampilan menginferensi: pada kelompok tinggi 83,33% berkriteria sangat baik, 16,67% baik; pada kelompok sedang 53,85% berkriteria sangat baik, 38,46% baik, dan 7,69% cukup; pada kelompok rendah 42,86% berkriteria sangat baik, 42,86% baik, dan 14,28% cukup.

Kata kunci : kelompok kognitif, keterampilan inferensi, keterampilan mengelompokkan, oksidasi-reduksi, problem solving.


Full Text:

PDF

References


Amelia, D. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Inferensi Siswa Pada materi koloid. (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Unila.

Hidayati, M. 2006. Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalor dan Perpindahannya pada Siswa MTsN 1 Tanjung Karang. (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Unila.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulastri, O. 2012. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Model Problem Solving. (Skripsi).FKIP UPI. Bandung. (Online), (http://repository.upi.edu/operator/upload/s_kim_0807604.pdf, diakses tanggal 18 Oktober 2012)

Winarni, E.W. 2006. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. FKIP Press. Bengkulu. (Online), (http://biolgigeducationresearc. blogspot.com/2009/12/kemampuanakademik, diakses tanggal 2 Maret 2013)

Tim Penyusun. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Utari, H.R. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Nonelektrolit dan Elektrolit serta Redoks. (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.