KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN DAN MENGANALISIS ARGUMEN PADA MATERI KOLOID DENGAN INKUIRI TERBIMBING

Vina Oktavia, Ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research aimed to describe the abilities of foccusing the question and analyzing the argument using guided inquiry models. The subjects were determined by consideration of the subject teacher based on diversity in cognitive abilities. The subjects were students of class XI IPA3 SMA Negeri 1 Natar Academic Year 2012/2013. This research used the pre-experimental method with one-shot case study design. The results showed that the ability in formulating some criteria to consider the possible answer, high level group, 62,5% were excellent, and 37,5% were good; intermediate level group, 21% were excellent, 54% were good, and 25% were enough; low level group, 40% were good and 60% enough.  The ability identificating the conclusion, high level group;  37,5% were excellent, and 62,5% were good; intermediate level group, 8% were excellent, 71% were good, and 21% were enough; low level group, 30% were good, and 70% were enough.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memfokuskan pertanyaan dan menganalisis argumen pada materi koloidmenggunakan model pembelajaraninkuiri terbimbing. Subyek penelitian ditentukan dengan pertimbangan guru mata pelajaran berdasarkan keberagaman kemampuan kognitif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA3 SMAN1 Natar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-shot case study.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan jawaban yang mungkin, untuk kelompok tinggi,62,5% berkriteria sangat baik dan 37,5% baik; kelompok sedang, 21% berkriteria sangat baik, 54% baik, dan 25% cukup; kelompok rendah, 40% berkriteria baik dan 60% cukup. Kemampuan mengidentifikasi kesimpulan, untuk kelompok tinggi,37,5% berkriteria sangat baikdan 62,5% baik;kelompok sedang,8% berkriteria sangat baik,71% baik, dan 21% cukup;kelompok rendah,30% berkriteria baik dan 70% cukup.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, koloid, mengidentifikasi kesimpulan, merumuskan kriteria. 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bina Aksara.

Costa, A.L. 1985. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria : ASCD.

Creswell, J.W. 1994. Research Design : Quantitative & Quantitative Approach. Unitates States of America : Library of Congress Cataloging.

Ennis, R. 1989. Evaluating Critical Thinking. California : Midwest Publications.

Gustini, N. 2010. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Pengaruh Ion Senama dan pH terhadap Kelarutan dengan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Skripsi. Diakses tanggal 15 Juli 2013 dari http://repository.upi.edu/operator/uploads/s_0451_0606857.pdf.

Nurhasanah, S. Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Belajar Matematika. Skripsi. Diakses tanggal 25 Juli 2013 dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3031/1/SIFINA%20NURHASANAH-FITK.pdf.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. London: Allymand Bacon.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada.

Widiawati, A. 2011. Implementasi Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada.

Winarni, EW. 2006. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. FKIP Press. Bengkulu. Diakses tanggal 2 Maret 2013 dari http://biologieducationreseach.blogspot.com/2009/12/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.