PEMBELAJARAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL SISWA MATERI ASAM BASA

Anggun Novita Sari, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of learning by using the scientific approach in increasing the student’s originality thinking skill in acid base subject matter.  Scientific approach consists of five steps: observing, questioning, experimenting, associating, and networking. The method of this research was quasi experimental with Non Equivalent Control Group Design.  The population in this research was student of grade XI Science class SMA Negeri 3 Metro in the Academic Year 2013/2014.  Sampling was done by purposive sampling technique and obtained XI IPA3 and XI IPA5 as research classes.  The effectiveness of scientific approach learning was showed by the significant differences of n-gain between experiment and control class.  The results showed that the n-gain average student’s originality thinking skill in experiment and control class were 0,53 and 0,40 respectively.  From hypothesis testing was known that scientific approach learning was effective in increasing student’s originality thinking skill in acid base subject matter.         

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa materi asam basa.  Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap:mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membentuk jejaring. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non EquivalentControl Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelasXI IPA3dan XI IPA5 sebagai kelas penelitian.  Efektivitas pembelajaran pendekatan ilmiah ditunjukkan oleh perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-ratanilai n-gainketerampilan berpikir orisinil pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,53 dan 0,40.  Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa ateri asam basa.

 

Kata kunci:asam basa, keterampilan berpikir orisinil, pembelajaran pendekatan ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Ikaningrum, M. N. N. dan Gultom. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. (Jurnal). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mexico dan Regina T. P. 2013. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik. (Jurnal). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Munandar, S. C. U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia.

________________. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Edisi Ketiga – Jilid 1). Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Tim Penyusun. 2013a. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.

___________. 2013c. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.