PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI ASAM-BASA

Retno Dianti, Noor Fadiawati, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning model to increase student’s originality thinking skills on acid-base subject matter. The population of this research was all students grade XI in science class of SMA Negeri 1 Pagelaran at second semester of academic year 2013-2014 with class of XI IPA 1 dan XI IPA 2 as sample. The method of the research was quasi experimental with Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. The sample were taken by purposive sampling technique. The effectiveness of discovery learning model was showed by the significant difference of n-Gain between control and experiment class. The result showed that the average n-Gain score for control class and experiment class respectively 0,34 and 0,45. Based on hyphothesis testing using t-test it can be concluded that discovery learning model is effective to increase student’s originality thinking skills on acid-base subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam-basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran semester genap tahun 2013-2014 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh n-Gain keterampilan berpikir orisinil siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil siswa untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,45. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam-basa.

Kata kunci : keterampilan berpikir orisinil, materi asam basa, model discovery learning


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Kurniawati, E. 2011. Strategi Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Kelas X A SMA Tuan Sokolangupati dalam Praktik Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pokok Gerak Melingkar Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012. (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutoharoh,S. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta. Jurnal. Tidak diterbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Discovery Learning. Jakarta: Kemdikbud.

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pramuda Media Group.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.