EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES

Nurfadhila Yusnita, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning model to improve student’s flexibility thinking skills in acid-base subject matter. The population of this research was the students of class XI IPA SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung on academic year 2013/2014. The sample was taken by purposive sampling technique and obtained class XI IPA 4 and XI IPA 5 as sample classes. This research used quasi experimental method with non equivalent pretest-posttest control group design. The effectiveness of problem solving learning model was showed by the significant difference of n-Gain between control and experiment class. The result showed that the average n-Gain of flexibility thinking skill of control class and experiment class were 0,31 and 0,54 respectively. The hypothesis testing showed that problem solving learning model was effective to improve student’s flexibility thinking skills in acid-based subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent pretes-posttest control group design. Efektivitas model pembelajaran problem solving ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir luwes siswa pada kelas kontrol sebesar 0,31 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,54. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi asam-basa.

Kata kunci: asam-basa, keterampilan berpikir luwes, model pembelajaran problem solving


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Choiriawati, F.D. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Asam-Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengkomunikasikan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, S. B dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar 15 Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, S.C.U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmaulana, F. 2011. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembelajaran Pencemaran Tanah dengan Model Creative Problem Solving. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumirah. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: Kanisius.

Suyanti, R.D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.