EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN

Putri Ayu Wulan Sari, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


This research aims to describe discovery learning model in increasing the concept mastery and inferring ability on basic postulates of chemistry. Sampel in this research was experiment class (X2) and control class (X1) in SMA Utama 2 Bandar Lampung. This research used quasi-experiment method with Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. The effectivity of discovery learning model was measured based on significant n-Gain differentiation between experiment class and control class, use two average differentiate test. The result of this research showed by n-Gain average of concept mastery with 0,66 for experiment class and 0,45 for control class and n-Gain average of inferring ability was 0,68 for experiment class and 0,52 for control class. Based on hypothesis testing with two mean difference test ( t-test ), it concluded that discovery learning model was effective in increasing concept mastery and inferring ability on Basic Postulates of Chemistry.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model discovery learning dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan menyimpulkan pada materi hukum-hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Utama 2 Bandar Lampung semester ganjil Tahun 2013-2014 dengan kelas X2 dan kelas X1 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen melalui Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,66 dan 0,45 sedangkan rata-rata n-Gain kemampuan menyimpulkan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,68 dan 0,52. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t), disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan menyimpulkan pada materi hukum-hukum dasar kimia.

Kata kunci: kemampuan meyimpulkan, model discovery learning, penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Abu dan Joko. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. 2006. Instrumen Penelitian Dalam Mengumpulkan Data Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Cartono. 2007. Metode Dan Pendekatan Pembelajaran Sains. Bandung: PPS UPI

Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta.

Hilmina. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Dengan Metode Discovery Melalui Kegiatan Laboratarium Pada Konsep Sistem Koloid (Skripsi). Jakarta: UIN-Syarif Hidayatullah.

Illahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy Dan Mental Vocation Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Qorri’ah. 2011. Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung (Skripsi). Jakarta: UIN-Syarif Hidayatullah.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito.

Sugiono, P. 1997. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed). 5 April 2008. Diakses tanggal 27 Oktober 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.