EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Reliyana Reliyana, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aims to describe the effectivity of guided inquiry learning in increasing learning motivation and student concept mastery. This research used quasi-experiment method with Non Equivalent Control Group Design. Sampel was decided using purposive sampling technique. Sample in this research was Senior High School 13 Bandar Lampung with X2 as experiment class and X5 as control class. The effectivity of guided inquiry learning model was measured based on n-Gain significant differentiation between learning motivation and student mastery concept in control class and experiment class. The result of this research showed n-Gain average of student learning motivation, 0.12 for control class and 0.23 for experiment class; and average of student concept mastery n-Gain control class and experiment class was 0,43 and 0,63. Based on hypothesis testing with t-test, it concluded that guided inquiry was effective in increasing learning motivation and student concept mastery on basic postulates of chemistry.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 13 Bandar Lampung kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditentukan berdasarkan perbedaan n-Gain motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain motivasi belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,12 dan 0,23, dan rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,43 dan 0,63. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia siswa.

Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Instrumen Penelitian Dalam Mengumpulkan Data Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Pemdekatan Konstektual (Contextual teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Karnasih, E. 2011. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, Minat, dan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Inkuiri Terbimbing (PTK di kelas VIII A SMP N 3 Gading Rejo tahun ajaran 2010-2011). (Skripsi). FKIP Unila: Lampung.

Nursanty, R. D. 2013. Efektifitas Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa SMA. (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Unila.

Pulallaila, A dan Sri, R. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Bandung: UPI.

Roestiyah, N. K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, P. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: Kanisius.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed). 5 April 2008. Diakses tanggal 27 Oktober 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.