PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR EVALUATIF PADA MATERI ASAM-BASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi asam-basa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bandar Lampung semester genap Tahun ajaran 2013-2014. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir evaluatif untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,22 dan 0,53. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi asam-basa.
Kata kunci: asam-basa, kemampuan berpikir evaluatif, pembelajaran problemsolving.
Full Text:
PDFReferences
Arfiyani, A. Y., Haryono, H., Mulyani, B. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. Surakarta: FKIP UNS.
Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi. Sage Publications.
Djamarah, S. B., Zain A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: SPs-UPI Bandung.
Munandar, S. C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraeni, N., Fitrajaya, A., Setiawan, W. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah. Bandung: UPI-Bandung.
Rusda, Q.L.L., Azizah, U. 2012. Implementation of Problem Solving Model To Train Students Creative Thinking Skill. Unesa Jurnal of Chemical Education. Surabaya: FMIPA Unesa.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 1997. Metode Penelitian Pendidikan Pendekaan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.