PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN SENSITIVITAS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan scientific dalam meningkatkan sensitivitas siswa pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purbolinggo semester ganjil Tahun 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas pendekatan pada pembelajaran diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain sensitivitas untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,58. Dari pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific efektif dalam meningkatkan sensitivitas siswa pada pembelajaran kesetimbangan kimia.
Kata kunci: kesetimbangan kimia, pendekatan scientific, sensitivitas.
Full Text:
PDFReferences
Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. (Disertasi). Bandung: SPs-UPI Bandung.
Marlinda, M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengidentifikasi Kesimpulan Pada Materi Laju Reaksi. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Makalah). Bandung: UPI-Bandung.
Pannen, P., D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Dikti.
Sudjana, N. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Tim penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.