PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN SENSITIVITAS SISWA

Wiwit Gunawi, Noor Fadiawati, Tasviri Efkar

Abstract


This study aimed to describe the effectiveness of scientific approach to improve the students sensitivity in chemical equilibrium subject matter. The research method that used was quasi experimental with pretest-posttest control group design. The population of this research were all students of class XI Science SMAN 1 Purbolinggo year 2013-2014. Sampling was done by purposive sampling and obtained class XI IPA 2 as experimental class and XI IPA 4 as control class. The effectiveness of scientific approach in the learning was showed by the significant n-gain difference between the experimental class and the control class. The result showed that average n-gain of students sensitivity in the control and experimental classes were 0,36 and 0,58 respectively. From the hypotesis testing, it was concluded that  scientific approach was effective to improve the students sensitivity in chemical equilibrium subject matter.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan scientific dalam meningkatkan sensitivitas siswa pada materi kesetimbangan kimia.  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan  Pretest-Posttest Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purbolinggo semester ganjil Tahun 2013-2014.  Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol.  Efektivitas pendekatan pada pembelajaran diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain sensitivitas untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,58.  Dari pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific efektif dalam meningkatkan sensitivitas siswa pada pembelajaran kesetimbangan kimia.

 

Kata kunci: kesetimbangan kimia, pendekatan scientific, sensitivitas.


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. (Disertasi). Bandung: SPs-UPI Bandung.

Marlinda, M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengidentifikasi Kesimpulan Pada Materi Laju Reaksi. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Makalah). Bandung: UPI-Bandung.

Pannen, P., D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Dikti.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Tim penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.