PENGEMBANGAN MODUL SIFAT LARUTAN BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN DI SMP
Abstract
This research aimed to develop module of solution characteristic contain of divinity value and environmental awareness; and describe the module characteristics; describe the teachers and students response at developed module; and know the obstacles encountered when developing modules. The research method was Research and Development (R&D) which consists of three steps: (1) preliminary studies, (2) product development and (3) describe the response a teacher and students towards the product. From the results of teachers feedback showed that content’s suitability of module with curriculum is very high at 97.78%, the aspect graph/the attractiveness is very high at 100% and students respons about levels of legibility is very high at 83.61%. Student and teachers give possitive respons to advanced module.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sifat larutan bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, serta mendeskripsikan karakteristik modul, respon guru dan siswa terhadap modul yang dikembangkan, dan mengetahui kendala-kendala yang ditemui ketika mengembangkan modul. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang terdiri dari tiga langkah: (1) studi pendahuluan,(2) pengembangan produk dan (3) mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap produk. Dari hasil tanggapan guru diperoleh data bahwa kesesuaian isi modul dengan kurikulum sangat tinggi sebesar 97.78%, aspek grafika/kemenarikan sangat tinggi sebesar 100% dan tanggapan siswa mengenai tingkat keterbacaan sangat tinggi sebesar 83.61%. Siswa dan guru merespon baik modul yang dikembangkan.
Kata kunci: kecintaan terhadap lingkungan, modul, nilai ketuhanan, sifat larutan
Full Text:
PDFReferences
Anwar, I. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung : Direktori UPI. [Online]. Diakses tanggal 31 maret 2013 dari http://www.kajianpustaka.com/2013/03/pengertian-kelebihan-dan-kelemahan-modul
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta : Bina Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Buku teks pelajaran [Online]. Diakses tanggal 29 september 2012 dari http://www.scribd.com/doc/5702869/11-Pengembangan-Bahan-Ajar
Djamarah, S. dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta
Mudzakir, AS. 2010. Penulisan buku teks yang berkualitas.[Online]. Diakses tanggal 31 September 2012 dari http://file.upi.edu/Direktori
Pusat Perbukuan Depdiknas. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains.[Online]. Diakses tanggal 25 september 2012 dari http/www. dikdaski.go.id.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (edisi revisi). Bandung : Alfabeta.
Tim Penyusun. 2013. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.
Wibowo, E. 2005. Hati-hati Menggunakan Buku Pelajaran. [Online]. Diakses tanggal 19 Oktober 2012 dari http://www.suaramerdeka.com/harian/0508/09/opi04.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.