PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PEKA SISWA PADA REAKSI REDOKS

Aldes Penkin Putriani, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


The aim of this research was to describe the effectiveness of problem sol­ving learning to increase students’ problem sensitivity thinking ability through redox reactions ma­terial.  This research used Non Equivalent Control Group Design. The sample was chosen by using purposive sampling technique.  Population of the research was tenth grade student’s of SMA Negeri 2 Metro at second semester in the 2013/2014 year, the sample were, X science 2 and X science 4.  The effectiveness of problem solving learning analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes.  The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,58 and 0,34. Based on hyphothesis testing, it can be concluded that problem solving learning is effective to increase students’problem sensitivity thinking ability through redox reactions material.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir peka pada reaksi redoks.  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design.  Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah kelas X IPA2 dan X IPA4.  Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam berpikir peka pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,58 dan 0,34.  Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir pekapada materi reaksi redoks.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir peka,model problem solving, reaksi redoks


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdian. 2010. Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmaulana, F. 2011. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembelajaran Pencemaran Tanah dengan Model Creative Problem Solving. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dab Menengah. Jakarta: Kemdikbud. .

Wahyudi, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.