PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA REAKSI REDOKS
Abstract
The aim of this research was to describe the effectiveness of problem solving learning to increase students’ flexibility thinking ability through redox reactions material. This research used Non Equivalent Control Group Design. The sample was chosen by using purposive sampling. Population of the research was tenth grade student’s of SMA Negeri 3 Bandar Lampung at second semester in the 2013/2014 year, the sample were, X science 2 and X science 4. The effectiveness of problem solving learning analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes. The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,65 and 0,32. Based on hyphothesis testing, it can be concluded that problem solving learning is effective to increase students’ flexibility thinking ability through redox reactions material.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir luwes pada reaksi redoks. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah kelas X IPA2 dan X IPA4. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam berpikir luwes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,65 dan 0,32. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir luwes pada materi reaksi redoks.
Kata kunci: kemampuan berpikir luwes, model problem solving, reaksi redoks
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gabel, D. L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Poedjiadi, A. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu Bagi Pendidik. Bandung: Yayasan Candrawasih.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Syafriany, S. 2013. Upaya Meningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.
Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatnif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Bandung: Prenada Media Group.
Wahyudi, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Belajar Matematika Dengan Mengunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Siswa Kelas VIID SMPN 2. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeti Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.