PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI

Diah Anisa Wati, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning model to increase student’s elaboration skills on chemical equilibrium subject matters.  The population of this research was students in XI science grade of SMA Muhammadiyah 1 Metro odd semester academic year 2013-2014.  The samples were taken by purposive sampling technique and these were XI 1 and XI 2 of science grade.  The method of the research was quasi-experimental with Non Equivalent Control Group Desaign.  The effectiveness of discovery learning model was showed by the significant difference of n-gain between control and experiment class.  The result showed that the average n-gain of student’s elaboration skills of control was 0,271 and 0,512 for experiment class.  The result of hypothesis testing showed that discovery learning model was effective to increase student’s elaboration skills on chemical equilibrium subject matters.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan elaborasi siswa pada materi kesetimbangan kimia.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Metro semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014.  Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2.  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Desaign.  Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasi penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan elaborasi siswa pada kelas kontrol sebesar 0,271 dan kelas eksperimen 0,512.  Hasi pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan elaborasi siswa pada materi kesetimbangan kimia.

 

Kata kunci:  kesetimbangan kimia, keterampilan elaborasi, model discovery learning


Full Text:

PDF

References


Abruscato, J & Donald D.R. 2010. Teaching Children Science A Discovery Approach. USA: Allyn and Bacon.

Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arends, R.I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Evans, J.R. 1991. Creative Thinking in The Decision and Management Sciences. South Wastern: Thomson Publishing Group.

Fathur Rohim, Hadi Susanto dan Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. (Jurnal). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Gabel, D.L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mc Millan Publishing Company.

Munandar, S.C. U. 1999. Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mutoharoh, S. 2011. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Tim Penyusun. 2013a. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemdikbud.

. 2013b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

. 2013c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemdikbud.

Torance, P. E. 1967. Scientific Views Of Creativity and Factois Affecting Its Growth, Creativity and Learning. Boston: Boston Beacon Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.