PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN SENSITIVITAS SISWA

Mutiara Umi Lia, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of learning by using the discovery learning model chemical equilibrium subject matter in increasing the student’s sensitivity. Discovery learning model consists of six steps: stimulation, problem identification, data collection, data processing, verification, and generalization. The population in this research was students of grade XI Science class SMA Muhammadiyah 1 Metro in the Academic Year 2013-2014 totaling 72 students. Sampling was done by purposive sampling technique and obtained XI 1and XI 2 as research class. The method of the research was quasi-experimental with Non Equivalent Control Group Design. The effectiveness of discovery learning model was showed by the significant difference of n-gain score between control and experiment class. The result showed that the average n-gain score of student’s sensitivity for control class was 0,25 and 0,52 for experiment class. From hypothesis testing was known that discovery learning model was effective to increase student’s sensitivity.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan sensitivitas siswa. Model discovery learning terdiri dari 6 tahap yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan  kelas XI IPA1 dan XI IPA2  sebagai kelas penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain sensitivitas siswa pada kelas kontrol sebesar 0,25 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,52. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan sensitivitas siswa.

Kata kunci: kesetimbangan kimia, model discovery learning, sensitivitas siswa


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Erlangga. Jakarta Gabel, D. L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Febrianita, N. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pokok Bahasan Lingkaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP. Tesis. Palembang: UNSRI.

Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Leonard. 1981. Secondary and Middle School Teaching Methods. USA: Macmillan Publishing.

Mutoharoh, Siti. 2011. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. (Jurnal). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Nur, M. dan Wikandari. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pengajaran. (Jurnal). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Tim Penyusun. 2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

__________. 2013b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi,dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.