PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN FLEKSIBILITAS

Endri Wahyuni, Noor Fadiawati, Nina Kadaritna

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach to improve the flexibility skills in chemical equilibrium subject matter. The method of the research was quasi experimental with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was students of class XI IPA SMAN 1 Purbolinggo semester of academic year 2013-2014. Sampling was taken by purposive sampling and obtained class XI IPA 2 as experimental class and XI IPA 4 as control class. The effectiveness of scientific approach in the learning was showed by the significant difference of n-gain between experiment and control class. The results showed that the average n-gain of flexibility skills of control class was 0,38 and 0,58for experiment class. The result of hypothesis testing showed that scientific approach was effective to improve the flexibility skills in chemical equilibrium subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan scientific dalam meningkatkan keterampilan fleksibilitas pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purbolinggo semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas pendekatan pada pembelajaran ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan fleksibilitas i untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,38 dan 0,58.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan scientific efektif dalam meningkatkan keterampilan fleksibilitas pada pembelajaran kesetimbangan kimia.

Kata kunci: fleksibilitas, kesetimbangan kimia, pendekatan scientific.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.

Bell, G.M.E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. (Disertasi). Bandung: SPs-UPI Bandung.

Ikaningrum, M. N. N. dan Togu Gultom. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. Jurnal. Yogyakarta: UNY.

Lidiawati. 2011. Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Koloid pada Kelas XI IPA SMAN 1 Abung Semuli TP 2010-2011. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Munandar, S.C.U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah. Bandung: UPI-Bandung.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sudrajat, A. 2013. Pendekatan Ilmiah Dalam Proses Pembelajaran. [online] http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/07/18/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/. Diakses pukul 10.34am tanggal 10 November 2013.

Sumirah. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. (Jurnal). Bandung: UPI-Bandung.

Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.