PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach to improve the elaboration skills in chemical equilibrium subject matter. The method of the research was quasi experimental with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was students of class XI IPA SMAN 1 Purbolinggo semester of academic year 2013-2014. Sampling was done by purposive sampling and obtained class XI IPA 2 as experimental class and XI IPA 4 as control class. The effectiveness of scientific approach in the learning was showed by the significant difference of n-gain between experiment and control class. The results showed that the average n-gain of elaboration skills of control class was 0,28 and 0,55 for experiment class. The result of hypothesis testing showed that scientific approach was effective to improve the elaboration skills in the learning of chemical equilibrium.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan scientific dalam meningkatkan keterampilan elaborasi pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purbolinggo semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas pendekatan pada pembelajaran ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan elaborasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,28 dan 0,55. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan scientific efektif dalam meningkatkan keterampilan elaborasi pada pembelajaran kesetimbangan kimia.
Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan elaborasi, pendekatan scientific.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.
Bell, G.M.E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..
Evans, J. R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, M. 2005. Pengajaran Berdasarkan Masalah Edisi Jakarta: University Press
Munandar, S.C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sudrajat, A. 2013. Pendekatan Ilmiah Dalam Proses Pembelajaran. [online] http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/07/18/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/. Diakses pukul 10.34am tanggal 10 November 2013.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.