PENGEMBANGAN MODUL KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI

Agustina Simanjuntak, Nina Kadaritna, Ila Rosilawati

Abstract


The purpose of this research are to develop and produce module solubility and constant solubility product based on the multiple representation, to describe the characteristic of the module, the responses of teacher and students, obstacles encountered and supporting factors in the development of module solubility and constant solubility product based on the multiple representation. In this study, the research uses the method of research and development (R&D). Based on the result of questionnaire about the module on aspects of content suitability to curriculum, and graphics by teacher as respondent obtained result percentage respectively 90% and 93% with a very high criteria.  Result of responses questionnaire about readability aspects with students as respondent obtained result 85,32% with a very high criteria.  Based on the result, it can be concluded that the developed module has very high quality which were attractive, appropriate with material, and readable.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis multipel representasi, mendeskripsikan karakteristik modul, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala dan faktor-faktor pendukung dalam pengembangan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis multipel representasi ini.  Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D).  Berdasarkan hasil angket tanggapan terhadap modul pada aspek kesesuaian isi, dan grafika dengan guru sebagai responden diperoleh persentase masing-masing 90% dan 93% dengan kriteria sangat tinggi.  Hasil angket tanggapan terhadap aspek keterbacaan modul dengan siswa sebagai responden diperoleh hasil 85,23% dengan kriteria sangat tinggi.  Berdasarkan tanggapan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat tinggi yaitu menarik, sesuai materi, dan terbaca dengan jelas.

 

Kata kunci:kelarutan dan hasil kali kelarutan, modul, multipel representasi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Chittleborough, G.D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Mental Models of Chemical Phenomena.Thesis. Science and Mathematics Education Centre.

Chittleborough, G. D. & Treagust D.F. 2007. The modeling ability of non-major chemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8:274-292.

Johnstone, A. H. 1982. Macro- and Micro-Chemistry, School Science Review., 227, No. 64. p. 377-379.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi (GP press Group).

Nastiti, Ruli Dwi. 2013. Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Multipel Representasi. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (edisi revisi). Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun 2013. Salinan lampiran Permendikbud No. 65 tahun 2013 Tentang Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Permendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.