PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
This study aims to develop an assessment instrument based on science process skills. The research method used is Research and Development (R&D). Based on feedback from students, this assessment instrument has a 84% rate the attractiveness and readability level of 86,39%. Based on feedback from teachers, this assessment instrument has a readability level of 81,33% and 84,44% level according to the contents. Constraints faced in the development of assessment instrument is the difficulty in developing matter to measure the science process skills (observing, classifying, predicting, inferring, and communicating), the difficulty in making images submikroskopis, and the lack of reference to make matters enrichment that can measure the skills process of science students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen assessment berbasis keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Berdasarkan tanggapan dari siswa, instrumen assessment ini memiliki tingkat kemenarikan 84% dan tingkat keterbacaan 86,39%. Berdasarkan tanggapan dari guru, instrumen assessment ini memiliki tingkat keterbacaan 81,33% dan tingkat kesesuaian isi 84,44%. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan instrumen assessment ini adalah kesulitan dalam mengembangkan soal untuk mengukur keterampilan proses sains (mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan), kesulitan dalam membuat gambar submikroskopis, dan kurangnya referensi untuk membuat soal pengayaan yang dapat mengukur keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci : assessment, hasil kali kelarutan, kelarutan, keterampilan proses sains
Full Text:
PDFReferences
Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Borg, W.R. and M. D. Gall. 2003. Educational Research. United States of America: Allyn and Bacon.
Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Asam-Basa Berbasis Keterampilan Proses Sains. Skripsi: Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Semiawan. 1986. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2013. Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemdikbud.
Tim Penyusun. 2013. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.
Uno, H. B. dan Koni, S. 2012. Assessment Pembelajaran. Jalarta: Bumi Aksara.
Widodo, A. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa. Skripsi: Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.