PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Abstract
This research aimed to develop animation media based on multiple representations about solubility and constant solubility product material. This research methods used "Research and Development" methods. The result of the research is development product of animation media based on multiple representations about solubility and constant solubility product material. The product which has sections such as opening and title of the program, introduction, instructions to use, KI-KD, cognitive indicator,the material solubility and constanta solubility product, literature, developer profiles, and exit button of program, have a very high content suitability until 95% according to the teacher and high level of the attractiveness that is 89,85% according to the students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbasis multipel representasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development. Hasil penelitian ini adalah produk pengembangan berupa media animasi berbasis multipel representasi pada materi kelarutan dan hasil kali yang memiliki bagian-bagian berupa opening dan judul program, kata pengantar, petunjuk penggunaan, KI-KD, indikator kognitif, materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, literatur, profil pengembang, dan tombol keluar dari program, memiliki tingkat kesesuaian isi yang sangat tinggi 95 % menurut guru,memiliki tingkat kemenarikan yang sangat tinggi yaitu 89,85 % menurut siswa.
Kata kunci: kelarutan dan hasil kali kelarutan, media animasi, multipel representasi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.
Arsyad, A. 2000. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Gerlach, S.V. and Ely. 1980. Teaching and Media. New Jersey. Precentice Hall. Inc
Johnstone, A. H. 1982. Macro- and Micro-Chemistry, School Science Review., 227, No. 64. p. 377-379
Purba, M. 2005. Kimia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Pustekom.
Rahardjo. 1991. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Kiomputer. Bandung: Alfabet.
Rieber, L.P. 1990. Using animation in science instruction with young children. Dalam Journal Of Educational Pshychology. Vol 82, hal. 135-140. Tersedia: http://www.library.uq.edu.au.
Sudjana, N. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunyono. 2009. Pengembangan model pembelajaran kimia berorientasi keterampilan generik sains pada siswa SMA di Propinsi Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.