PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Abstract
This research purpose is to develop student worksheet with scientific approach on solubility and constant solubility product material. The research methods used Research and Development methods. From the teacher assessment and students response over student worksheet that has been developed, it is obtained the percentage of teacher assesment on the aspects of suitability of content, readability, and attractiveness are 90,90%; 92%; and 87,14%. The results of students responses to the readability and attractiveness are also very high, with the percentage until 87,87% and 86,42%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan scientific pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Dari hasil penilaian guru dan tanggapan siswa terhadap LKS yang dikembangkan, diperoleh persentase penilaian guru terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 90,90%; 92%; dan 87,14%. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikanjuga sangat tinggi yaitu dengan persentase 87,87% dan 86,42%.
Kata kunci: kelarutan dan hasil kali kelarutan, LKS, pendekatan scientific
Full Text:
PDFReferences
Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.
Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran (LKS). Jakarta: Raja grafindo Persada.
Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sukmadinata, N.S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Penerbit Imtima.
Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.
Tohir, A. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.