PENGEMBANGAN BUKU AJAR ZAT ADITIF ADIKTIF-PSIKOTROPIKA BERMUATAN KETUHANAN DAN CINTA LINGKUNGAN
Abstract
This research aimed to develop textbook on addictives and addictive-psychotropic material that have religious content and enviromental awareness; to describe the characteristics; to describe the teacher and student responses,and to describe the problems in developing the textbook. This research method was research and development from Sugiyono (2008). Based on teacher responses of the developed textbook in the content’s suitability aspect was very high (84,44%), and the attractiveness aspect was very high (85%). Based on student responses of the developed textbook in the readable aspect was very high (87,85%).
Based on result, it can be concluded that textbook has very high quality which were attractive, appropriate with material, and readable.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar zat aditif dan adiktif-psikotropika bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, mendeskripsikan karakteristik, mendeskripsikantanggapan guru dan siswa, serta mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan buku ajar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2008). Berdasarkan tanggapan guru terhadap buku ajar yang dikembangkan memiliki aspek kesesuaian isi sangat tinggi yaitu 84,44%, dan aspek kemenarikan sangat tinggi yaitu 85%. Berdasarkan tanggapan siswa terhadap buku ajar yang dikembangkan memiliki aspek keterbacaan sangat tinggi yaitu 87,85%. Berdasarkan tanggapan tersebut dapat disimpulkan buku ajar yang dikembangkan memiliki kualitas sangat tinggi yaitu menarik, sesuai dengan materi, dan terbaca dengan jelas.
Kata kunci: buku ajar, nilai ketuhanan dan cinta lingkungan, zat aditif dan adiktif-psikotropika.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, S. dan A. Kusrianto. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi Teknik dan Strategi Menjadikan Tulisan Anda Layak Diterbitkan. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Greene dan Petty.1981. Developing Language Skill in The Elementary Schools. Boston : Alyn and Bacon Inc.
Nastiti, R.D. 2013. Development Module Of Reaction Rate Based On Multiple Representations. (Jurnal). Bandar Lampung: UNILA.
Sudrajat, A. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran (Online). Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/ 20 November 2013.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suroso. 2004. Penulisan Buku Ajar Perguruan tinggi. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Buku Sekolah Alkitab Baptis. 29 Nov-1 Des 2004. STBI.
Tim Penyusun. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Undang-Undang RI. No. 20 tahun 2003 (tentang) Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.
Viyanti. 2012. Diktat: Metodologi Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.