PENGEMBANGAN ASESMEN ZAT ADITIF ADIKTIF-PSIKOTROPIKA BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN CINTA LINGKUNGAN

Annisa Sholeha, Nina Kadaritna, Ila Rosilawati

Abstract


This research aimed to develop assessment on additive and addictive-psychotropics material that have religious content and environmental awareness; to describe the characteristics of developing assessment; to describe the teacher and student responses of the developed assessment; and to describe the problems in developing the assessment. This research method was research and development from Sugiyono (2008).  Based on teacher responses, the developed assessment has very high content’s suitability aspect (90%), very high construction aspect (82,22%), and very high language utilizing aspect (86,67%).  Based on student responses, the developed assessment has very high language utilizing aspect (86%).  Based on that responses, so canbe concluded that the developed assessment has very good criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen zat aditif dan adiktif-psikotropika bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan; mendeskripsikan karakteristik asesmen yang dikembangkan; mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap asesmen yang dikembangkan; dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan asesmen tersebut.  Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2008).  Berdasarkan tanggapan guru, asesmen yang dikembangkan memiliki aspek kesesuaian isi yang sangat tinggi yaitu 90%, aspek konstruksi yang sangat tinggi yaitu 82,22%, dan aspek penggunaan bahasa yang sangat tinggi yaitu 86,67%.  Berdasarkan tanggapan siswa, asesmen yang dikembangkan memiliki aspek penggunaan bahasa yang sangat tinggi yaitu 86%.  Berdasarkan tanggapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa asesmen yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik.

Kata kunci: asesmen, nilai ketuhanan dan cinta lingkungan,zat aditif dan adiktif-psikotropika.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar evaluasi pendidikan Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Faiq, M. 2013. Artikel Pengertian Evaluasi (Penilaian), Pengukuran, Tes,dan Asesmen (Online). Muhammad Faiq (Ed). 20 Januari 2013. (http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/01/pengertian-evaluasi-pengertian-penilaian-pengertian-pengukuran.html) Diakses 5 November 2013 pukul 11.28

Pantiwati, Y. 2013. Jurnal Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Poerwanti, E. 2011. Asesmen Pembelajaran SD (Konsep Dasar Asesmen Pembelajaran). A.A. Ketut Budiastra (Ed). (http://storage.kopertis6.or.id/kelembagaan/Applied%20Approach/MATERI/Drs.%20Suwarno,%20M.Si/1-Konsep-Dasar-Asesmen-Pembelajaran.pdf) Diakses 8 November 2013 pukul 08.32

Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Salirawati, D. 2010. Optimalisasi Pendidikan Nilai/Karakter dalam Pendidikan Kimia Masa Depan. Yogyakarta: UNY.

___________. 2011. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: UNY.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D”. Bandung: Alfabeta.

Suroso, A. Y. 2007. Pembelajaran Biologi Bernuansa Pendidikan Nilai pada Matakuliah Botani Cryptogamae di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Bandung: Prosiding Seminar Nasional Biologi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Surya, B. 2010. Pengembangan Media Animasi Kimia dan LKS Praktikum Berbasis keterampilan Generik Siswa Kelas XI IPA. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tim Penyusun. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.