PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ZAT ADITIF ADIKTIF-PSIKOTROPIKA BERMUATAN KETUHANAN DAN CINTA LINGKUNGAN
Abstract
This reseach aimed to develop instructional video on additives and addictive-psychotropic material that have religius content and environmental awareness, describe the characteristics, the teacher and student responses, and the problems when developing the instructional video. This research method was research and development from Sugiyono (2008). The results showed that the instructional video of additives and addictive-psychotropic that have religius content and environmental awareness. Based on teacher responses of the developed instructional videoin the content’s suitability aspect was very high (90%), and the attractiveness aspect was very high (85%). Based on student responses of the developed instructional video in the attractiveness aspect was very high (86,92%).
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada materi zat aditif dan adiktif-psikotropika bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru dan siswa, serta kendala-kendala yang dihadapi ketika mengembangkan video pembelajaran tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2008). Hasil penelitian ini adalah video pembelajaran zat aditif dan adiktif-psikotropika bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Berdasarkan tanggapan guru terhadap video pembelajaran yang dikembangkan memiliki aspek kesesuaian isi sangat tinggi yaitu 90%, dan aspek kemenarikan sangat tinggi yaitu 85%. Berdasaran tanggapan siswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan memiliki aspek kemenarikan sangat tinggi yaitu 86,92%.
Kata kunci:nilai ketuhanan dan cinta lingkungan, video pembelajaran, zat aditif dan adiktif-psikotropika.
Full Text:
PDFReferences
Ayuningrum, F. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Degeng, I. N. S. 2001. Media Pembelajaran Menuju Pribadi Unggulan , Lembaga Pengembangan Pendidikan (L3P). Malang: Universitas Negeri Malang.
Ma’mur, J. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Muarifin, M. 2010. Media Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Rianto, M. 2001. Budi Pekerti dalam PPKn Kini dan Masa Depan. Surabaya: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.
Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
________. 2008. Konsep dan Aplikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Mercubuana.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. 2012. Pengembangan Media Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Materi Faktor-Faktor Penentu Laju Reaksi. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Tim Penyusun. 2013. Pedoman Kegiatan Pendamping Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Inti. Jakarta: Kemdikbud.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.