PENGEMBANGAN LKS ZAT ADITIF ADIKTIF-PSIKOTROPIKA BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN CINTA LINGKUNGAN
Abstract
This research aimed to develop students worksheet of additive and addictive-psychotropic material that have religious content and environtmental awareness in order to create media of learning which can train and build religious content and environtmental awareness. This research used research and development method from Sugiyono (2008). In the other hand, this students worksheet had five steps suitable with scientific approach. They were gazing, asking, trying, reasoning, and networking. The results showed that teacher response of the developed student worksheets in the content’s suitability aspect was 86,67% the readable aspect was 82,32% and the attraction aspect was 80,00%. On the other hand, the results showed that students response the developed student worksheets in the readable aspect was 88,59% and the attraction aspect was 89,08%. Based on result, it can be concluded that student worksheets has very high quality which were attractive, appropriate with material, and readable.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS zat aditif dan adiktif-psikotropika bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan sehingga menghasilkan media pembelajaran yang mampu melatih dan menumbuhkan nilai ketuhanan serta menyadari akan pentingnya melestarikan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2008). Selain itu, LKS ini memiliki tahapan yang disesuaikan dengan pendekatan ilmiah (scientific approach). Terdapat lima tahapan dalam pendekatan ilmiah yakni mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membentuk jejaring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan pada aspek kesesuain isi sebesar 86,67%, keterbacaan sebesar 82,32%, dan kemenarikan sebesar 80,00%. Diperoleh pula rata-rata skor jawaban siswa dalam persen untuk aspek keterbacaan sebesar 88,59% dan kemenarikan sebesar 89,08%. Berdasarkan tanggapan tersebut dapat disimpulkan LKS yang dikembangkan memiliki kualitas sangat tinggi yaitu telah menarik, sesuai dengan materi, dan terbaca dengan jelas.
Kata kunci: lembar kerja siswa, muatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, zat aditif dan adiktif-psikotropika.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2005. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hatimah, I. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di sekolah. Yogjakarta: Divapers.
Raharjo. 2010. Pendidikan Karakter sebagai Upaya MenciptakanAkhlak Mulia, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional.
Ramli. 2003. Pendidikan Moral dalam Keluarga. Jakarta: Grasindo.
Rianto, M. 2001. Budi Pekerti dalam PPKn Kini dan Masa Depan. Surabaya: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.
Saputra, A. 2013. Pengembangan LKS Faktor-Faktor Penentu Laju Reaksi Berbasis Keterampila Proses Sains. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surya, B. 2010. Pengembangan Media Animasi Kimia dan LKS Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Widjajanti, E. 2010. Penilaian Lembar Kerja Siswa Materi Konsep Atom, Ion Dan Molekul. (Jurnal). Yogyakarta: UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.