PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEVALUASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
The purpose of this research is to describe the effectiveness of scientific approach to the students’ skill in evaluating the chemical equlibrium material. The subject of this research is all of the students in XI IPA SMA Negeri1 Bangunrejo in odd semester 2013-2014. In addition, XI IPA 1 and XI IPA 2 act as sample. The research method is quasi experiment with pretest-posttest control group design. The effectiveness of this method is measured through significant n-Gain between the control class and experimental class. The result shows that the n-Gain for evaluating in control class is 0,249 while the score for experimental class is 0,52. Based on the hypothesis testing, the researcher concludes that,statistically, there is a significant improvement between the class which is taught through traditional way and the class which is taught through scientific approach. This result shows that the scientific approach is an effective method to be used in the learning of chemical equlibrium material.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah terhadap keterampilan siswa dalam mengevaluasi pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangunrejo semester ganjil Tahun 2013-2014 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengevaluasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,249 dan 0,52. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa secara statistik keterampilan siswa dalam mengevaluasi menunjukkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan pendekatan ilmiah. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan ilmiah efektif terhadap keterampilan siswa dalam mengevaluasi.
Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan siswa dalam mengevaluasi,pendekatan ilmiah.
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.
Astuti, S. I. R. 2012. Penerapan Pendekatan Problem SolvingMelalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Disertai Hands on Activitiesuntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Negeri 1 Bulu Sukoharjo. (Jurnal). Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Husamah dan Yanur S. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Marlinda, M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengidentifikasi Kesimpulan Pada Materi Laju Reaksi. (Skripsi). Tidak diterbitkan.
Munandar, S. C. U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
______. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sumirah. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. (Jurnal). Bandung: UPI-Bandung.
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2013. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandarlampung: Penerbit Universitas Lampung.
Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.