PEMBELAJARAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Ayu Rismalinda, Noor Fadiawati, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach to increase student’s fluency thinking skills on chemical equilibrium material.  The population of this research was all students in XI science class of SMA Negeri 1 Bangunrejo whose sit in odd semester of academic year 2013-2014 and the samples were XI 1 and XI 2 of science class.  The samples were taken by purposive sampling technique.  The method of the research was quasi-experimental with Non Equivalent Control Group Design.  The effectiveness of scientific approach was measured based on the significant difference of n-Gain score between control class and experiment class.  The result of research showed that the average n-Gain score of student’s fluency thinking skills for control class was 0,2462 and 0,5165 for experiment class.  Based on the hypothesis testing, it was known that scientific approach learning was effective to increase student’s fluency thinking skills on chemical equilibrium material.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi kesetimbangan kimia.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangunrejo semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2.  Sampel diambil dengan teknik purposive sampling.  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design.  Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,2462 dan 0,5165.  Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi kesetimbangan kimia.

 

Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir lancar, pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Gabel, D. L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Ikaningrum, M. N. N. dan Togu G. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. (Jurnal). Yogyakarta: UNY.

Mexico dan Regina T.P. 2013. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Inquiry terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik. (Jurnal). Yogyakarta: UNY.

Munandar, S. C. U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munandar, S. C. U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Intima.

Tim Penyusun. 2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

__________. 2013b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.