PENGEMBANGAN LKS BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Komang Ida Ayuningsih, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research aimed to develop students worksheets based on the chemical representation about electrolyte and nonelectrolyte solutions. This research used the Research and Development method. The subject of  this research was students worksheets based on the chemical representation of  electrolyte and nonelectrolyte solutions, it was represented by three levels of chemical representation, they are macroscopic, sub microscopic, and symbolic.  Students worksheets was measured by three aspects include content suitability, readability, and attractiveness. The results showed that students worksheets was suitable with content and SK-KD.  According to teacher responses, students worksheets based on the chemical representation had very high content suitability (98%).  Level of the attractiveness and readability according to the teacher was very high; 86.15% and 92% respectively.Similarly with the students responses of  attractiveness and readability level was very high; 86.06% and 88.27% respectively.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).  Subyek penelitian ini adalah LKS berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, yang disajikan melalui tiga level representasi kimia yaitu makroskopis, sub mikroskopis, dan simbolik.  LKS yang di kembangkan dinilai melalui tiga aspek, yaitu kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan telah memenuhi aspek kesesuaian yang meliputi kesesuaian terhadap materi dan SK-KD serta dapat diukur melalui indikator-indikator yang telah dikembangkan.  Berdasarkan tanggapan dari guru, LKS berbasis representasi kimia ini memiliki tingkat kese-suaian isi yang sangat tinggi (98%).  Tingkat kemenarikan dan keterbacaan LKS menurut guru berkriteria sangat tinggi  masing-masing sebesar 86,15% dan 92%.  Begitupula menurut siswa, tingkat kemenarikan dan keterbacaan LKS yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria yang sangat tinggi masing-masing sebesar  86,06% dan 88,27%.

Kata kunci:  larutan elektrolit dan nonelektrolit, LKS, representasi kimia


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Chittleborough, G.D., Treagust, F. G. 2007. The Modeling Ability of Non-Major Chemistry Students Their Understanding of The Sub-microscopik Level. Chem. Educ. Res. Prac. 8, 274-292.

Chiu, M.H., dan Wu, H.K. 2009. The Roles of Multimedia in the Teaching and Learning of the Triplet Relationship in Chemistry. Model and Modeling in Science Education, Multipelple Representations in Chemical education. Springer Science+Business Media B.V. p. 251-283.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Fadly, W. 2012. Pengembangan Program Pembelajaran Praktikum Fisika Dasar Berorientasi Heuristik Untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik Siswa “Prosiding Seminar Nasional Sains”. Surabaya: Unesa.

Marks, J. 1985. Science and The Making of The Modern World. London: Heinemann Educational Books.

Sehe, Y. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Skripsi. Bandung: UPI.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Yanto,R., Enawaty, E., Erlina. 2011. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Makroskopis-Mikroskopis-Simbolik pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.