EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CORE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN KSP
Abstract
This research aimed to describe the effectiveness of CORE learning model to improve the communicating skilland mastery concept on solubility and solubility product constant. The population were all students XI IPA in SMAN 8 Bandar Lampung 2012-2013 and class XI IPA1 and IPA3 as samples. Purposive sampling were used as a method with quasi-experimental non equivalent control group design. Effectiveness of CORE learning model was measured by the N-gain that significantly difference. The results showed the N-gain average of communicating skill for the experimental class and control were 0.62 and 0.46 and for mastery the concept were 0.57 and 0.47. Based on hypothesis test, both N-gain’s have t-test higher than t-table. therefore CORE learning model was effective in improving the communicating skill and mastery concept of solubility.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran CORE untuk meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran CORE diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0.62 dan 0.46. Sedangkan penguasaan konsep untuk kelas ekperimen dan kontrol yaitu 0.57 dan 0.47. Berdasarkan uji t, kedua N-gain memiliki t-hitung yang lebih tinggi dari t-tabel , model pembelajaran CORE terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Kata kunci : CORE, keterampilan mengkomunikasikan, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S .2004. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
Jacob, C., Sumiaty, E., Puspita, E., Dedy, E. 2005. Pengembangan Model CORE dalam Pembelajaran Logika dengan Pendekatan Reciprocal Teaching. Laporan Piloting. FPMIPA UPI : Tidak diterbitkan.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.