PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI
Abstract
This reseach aimed to develop student worksheets based on chemical representation about reduction oxidation reaction; identify the characteristics of developed student worksheets; identify the responses of teachers and students to ward developed student worksheets; and identify the obstacles faced in developing the student worksheets. The reseach used Reseach and Development method from Gall and Borg (1989). The results showed that teacher response of the developed student worksheets in the content’s suitability aspect was 92,63%, the readable aspect was 92,38%, and the attraction aspect was 87,00%. On the other hand, the results showed that students response the developed student worksheets in the readable aspect was 85,33% and the attraction aspect was 86,00%. Based on result, it can be concluded that student worksheets has very high quality which were attractive, appropriate with material, and readable.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis representasi kimia tentang reaksi oksidasi reduksi; mengidentifikasi karakteristik LKS yang dikembangkan; mengidentifikasi tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan; dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam mengembangkan LKS tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan menurut Gall & Borg (1989). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan pada aspek kesesuain isi sebesar 92,63%, aspek keterbacaan sebesar 93,38%, dan aspek kemenarikan sebesar 87,00%. Sedangkan menurut tanggapan siswa pada aspek keterbacaan sebesar 85,33% dan aspek kemenarikan sebesar 86,00%. Berdasarkan tanggapan tersebut dapat disimpulkan LKS yang dikembangkan memiliki kualitas sangat tinggi yaitu telah menarik, sesuai dengan materi, dan terbaca dengan jelas.
Kata kunci : lembar kerja siswa, reaksi oksidasi reduksi, representasi kimia
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R. and M. D. Gall. 2003. Educational Research. Allyn and Bacon. United States of America.
Chittleborough, G.D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Mental Models of Chemical Phenomena. Thesis. Science and Mathematics Education Centre.
Darmodjo, H & Jenny R.E Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud
Gustiria, G. 2012. Pengembangkan LKS Berbasis Inkuiri dengan Menggunakan Material Lokal Pada Materi Hidrolisis Garam. Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu
Herawati FR, Mulyani S, & Redjeki T. 2012. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasin Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju ReaksiSiswa SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 2 No. 2 Tahun 2013 Universitas sebelas Maret.
Mammino L. 2008. Teaching chemistry with and without external representations in professional environments with limited resources. In : J.K Gilbert, Reiner & Nakhleh (Eds.). Visualization : Theory and Practice in Science Education. Dordrecht: Springer. pp. 155−185.
Senam. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Jurnal Pendidikan Didaktika. Volume 9 No 3 September 2008. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supiati A, Wisanti & Budijastuti W. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontruktivis untuk Melatuhkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol 2 No 2 Mei 2013.
Suyanto, S. Paidi & Wilujeng, I. 2011. Pembekalan guru daerah terluar, dan tertinggal. Yogyakarta: UNY
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Penerbit Imtima
Yanto R, Enawaty E & Erlina. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Makroskopis-Mikroskopis-Simbolik Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura.
Refbacks
- There are currently no refbacks.