PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA PEMBELAJARAN PARTIKEL MATERI

Fadlilah Arif H, Noor Fadiawati, Ila Rosilawati

Abstract


This research aimed to develop the students worksheet of matter particles based on chemistry representations for students in junior high school, to describe the characteristics of the developed students worksheet, to describe teachers’ responses and students’ responses of the developed students worksheet and to know the obstacles encountered in developing the students worksheet.  This research used Research and Development method.  The results showed that teachers’ responses of the developed students worksheet in the content’s suitability aspect were 94,54%, in the attraction aspect were 95% and in the readable aspect were 96%.  All of the teachers’ responses were very high category.  The result showed that students’ responses of the developed students worksheet in the attraction aspect were 85,21% and in the readable aspect were 88%.  All of the students’responses were very high category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa partikel materi berbasis representasi kimia untuk siswa pada tingkat Sekolah Menengah Pertama, mendeskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan, mendeskripsikan tanggapan guru dan tanggapan siswa terhadap LKS yang telah dikembangkan dan mengetahui kendala-kendala yang ditemui saat mengembangkan LKS.  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi sebesar 94,54%, pada aspek kemenarikan sebesar 95% dan pada aspek keterbacaan sebesar 96%.  Tanggapan dari guru tersebut semuanya termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.  Sedangkan tanggapan siswa terhadap LKS yang dikembangkan pada aspek kemenarikan sebesar 85,21% dan pada aspek keterbacaan sebesar 88%.  Tanggapan dari siswa tersebut semuanya termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.

Kata kunci: lembar kerja siswa, partikel materi, representasi kimia.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. PT. Raja grafindo Persada. Jakarta.

Basuki, A dan Liliasari. 2009. Upaya Guru dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Kimia di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP UNILA. Bandar Lampung.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta

Chittleborough, G. D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing students’ Metal Models of Chemical Phenomena. Curtin University of Technology.

Farida, I., Liliasari, D.H. Widyantoro, dan W. Sopandi. 2010. Representational competence’s profile of pre-service chemistry teachers in chemical problem solving. Seminar Proceding the Fourth International Seminar on Science Education. 30 October 2010. Bandung. C2-2.

Nakhleh, M. B., Lowrey, K. A., & Mitchell, R. C. J. 1996. Narrowing the Gap Between Concepts and Algorithms in Freshman Chemistry. Chemical Education, 73 (8) , 758-762

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Alfabeta. Bandung.

Sunyono. 2008. Development Of Student Worksheet Base On Environment To Sains Material Of Yunior High School In Class VII On Semester I (Study in SMPN 1 Bandar Lampung For Materials of Acid, Base, and Salt). Proceeding of The 2nd International Seminar of Science Education. UPI. Bandung

________. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Aura Printing. Bandar Lampung.

Suyanto, S., Paidi, dan Wilujeng I. 2011. Lembar Kerja Siswa (LKS). Disampaikan dalam acara Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/dr-insih-wilujeng-mpd/LEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah ini disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul “PELATIHAN PENYUSUNAN LKS MATA PELAJARAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BAGI GURU SMK/MAK di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal 22 Agustus 2008. Di akses dari http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf

__________. 2010. Penilaian Lembar Kerja Siswa Materi Konsep Atom, Ion dan Molekul. Makalah disajikan pada Kegiatan Pelatihan Penilaian Lembar Kerja Siswa Bagi Guru Mata Pelajaran Kimia. Di akses dari http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/ppm-lks2.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.