EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR

Muhammad Andalan, Noor Fadiawati, Nina Kadaritna

Abstract


The research was conductedtodescribethe effectiveness ofguided inquirylearning on the colloidal subject in improving thefluentthinking skill which was an indicator ofcreative thinkingskill.  The population of this research were all students of XI IPASMAN 7 Bandar Lampung at academic year of 2012-2013which amount to 200 students and the sample of this research were XI IPA2 and XI IPA3 at even semester of 2012-2013 academic year.  Sampling was done bypurposivesamplingtechnique.  This research used quasi-experimental methodwith NonEquivalentControlGroupDesign.  Based onhypothesis testing, concludedthatguided inquirylearning was effective inimprovingof fluent thinking skill.

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa XI IPA SMAN7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 200 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah XI IPA2 dan XI IPA3 semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplingPenelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design.  Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar.

Kata kunci :inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir lancar, koloid


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Evans, J.R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

BSNP.2006.Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Marlinda, M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengidentifikasi Kesimpulan Pada Materi Laju Reaksi. (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Munandar, S.C.U. 2008.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Rineka Cipta. Jakarta.

Nuraeni, N. dkk.2010.Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah.UPI-Bandung. Bandung.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Kencana Pramuda Media Group. Jakarta.

Saputra, A. 2011. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Sohibi, M. Siswanto, J. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. (Jurnal). http://e-jurnal.ikippgrismg.ac.id/index.php/JP2F/article/view/349

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.

Sumirah. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. (Jurnal). http://repository.upi.edu/388/

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.