PENINGKATAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN MERUMUSKAN HIPOTESIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Andri Andri, Chansyanah Diawati, Nina Kadaritna

Abstract


The aim of this research is to describe the effectiveness of the learning model of guided inquiry to improve prediction and to formulate hypotheses skills in acid-base concept. This research uses a pre-experimental method with One Group Pretest Posttest Design.  Subjects in this study were students of class XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar which amounts to 29 students. The data of this study is the prediction and to formulate hypotheses skills. The results showed the average value of n-Gain of prediction skills and formulate hypotheses 0,49 and 0.56 (medium category).  Based on the results of the data analysis, showed that the guided inquiry learning model is effective in improving the prediction skills and to formulate hypotheses of class XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis pada materi asam-basa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest Postest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian ini adalah keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis.  Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai n-Gain keterampilan prediksi dan keterampilan merumuskan hipotesis yaitu 0,49 dan 0,56 (kategori sedang).  Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung

Kata kunci:  keterampilan prediksi, merumuskan hipotesis, pembelajaran inkuiri terbimbing.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Angkasa. Bandung.

Efendi, D. A. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Dalam peningkatkan keterampilan komunikasi Dan Pencapaian Kompetensi Siswa (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Mahmudin. 2010. Komponen Penilaian KPS. Mahudin (Ed). Oktober 2010. 9 Juli 2011 http://mahmudin.wordpress.com/-2010/10/komponen-penilaian- k-p-s/ tembolok.html.Nazir, M. 1983. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Darussalam.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar.Rineka Cipta. Jakarta.

Setiawan, P.A. 2011. Efektifvitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan keteram-pilan Mengelompokkan Dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Asam-Basa (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Suryabrata, S. 1993. Metode Pene-litian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tainlain, W. 2003. Teori Belajar dan Teori Mengajar (Diktat). FKIP Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Trianto. 2010. Model-Model Pembel-ajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Yuniarti, I. 2011. Efektivitas Pembe-lajaran Inkuiri Terbimbing Materi Larutan Non Elek-trolit Dan Elektrolit Serta Redoks Dalam Meningkatkan Keteram-pilan Mengamati Dan Menge-lompokkan Siswa (Skripsi). Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.