PENINGKATAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN MERUMUSKAN HIPOTESIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis pada materi asam-basa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest Postest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian ini adalah keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai n-Gain keterampilan prediksi dan keterampilan merumuskan hipotesis yaitu 0,49 dan 0,56 (kategori sedang). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung
Kata kunci: keterampilan prediksi, merumuskan hipotesis, pembelajaran inkuiri terbimbing.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Angkasa. Bandung.
Efendi, D. A. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Dalam peningkatkan keterampilan komunikasi Dan Pencapaian Kompetensi Siswa (Skripsi). Tidak diterbitkan.
Mahmudin. 2010. Komponen Penilaian KPS. Mahudin (Ed). Oktober 2010. 9 Juli 2011 http://mahmudin.wordpress.com/-2010/10/komponen-penilaian- k-p-s/ tembolok.html.Nazir, M. 1983. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Darussalam.
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar.Rineka Cipta. Jakarta.
Setiawan, P.A. 2011. Efektifvitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan keteram-pilan Mengelompokkan Dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Asam-Basa (Skripsi). Tidak diterbitkan.
Suryabrata, S. 1993. Metode Pene-litian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tainlain, W. 2003. Teori Belajar dan Teori Mengajar (Diktat). FKIP Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Trianto. 2010. Model-Model Pembel-ajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.
Yuniarti, I. 2011. Efektivitas Pembe-lajaran Inkuiri Terbimbing Materi Larutan Non Elek-trolit Dan Elektrolit Serta Redoks Dalam Meningkatkan Keteram-pilan Mengamati Dan Menge-lompokkan Siswa (Skripsi). Tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.