Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa

Dewi Meikasari, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


Abstrak: Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol dengan perbedaan n-gain yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi.

Abstract: The Effectiveness of Guided Discovery Learning Models on Chemistry Equilibrium Material in Improving Student Communication Skills. This study aimed to describe the effectiveness of guided discovery learning models on chemical equilibrium material in improving student communication skills. The method used in this study was quasi experiment with the matching-only pretests-posttest control group design. The samples were selected by using purposive sampling technique, obtained class XI MIA 1 as experimental class and XI MIA 5 as control class. The data analysis technique used independent sample t test of n-gain avarage. The results showed that the n-gain of communication skills in experimental class was in high category while in control class was in moderate category and showed the significance difference. Based on the results of the study it can be concluded that the guided discovery learning model is effective in improving students' communication skills on chemical equilibrium material.

Keywords: guided discovery learning model, chemical equilibrium, communication skills.


Full Text:

PDF

References


Aeni, A. A., Ariyanto, J., & Santosa, S. 2017. Studi Komparasi Capaian Keterampilan Komunikasi Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum dengan Model Guided Discovery Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 340-346.

Elfiani, F. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii F Mts Ma’arif Nu 1 Wangon Melalui Pembelajaran Ideal Problem Solving. Journal of Mathematics Education. 3(2), 27-35.

Frydenberg, M.E. & Andone, D. 2011. Learning for 21st Century Skills. IEEE’s International Conference on Information Society,London, 27-29 Juni 2011, Hal. 314- 318.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand- Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1), 64-74.

Ismirianti, D. U., Dewi, R. N. & Taufiq, M. 2016. Pengaruh Petunjuk Praktikum Guided Discovery Terhadap Keterampilan Melakukan Percobaan dan Meng¬- komunikasikan Hasil Pada Tema Tekanan. Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 1261- 1271.

Karnawati, D. 2017. Revolusi industri, 75% jenis pekerjaan akan hilang. https://ekbis.sindonews.c/read/1183599/34/Revolusi-industri-75-jenis-pekerjaan- akan-hilang-14881693 41. Diakses pada tanggal 1 November 2019.

Kartika, W. 2016. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Communication Skills Pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(1), 1-7.

Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. 2013. What Knowladge Is of Most Worth: Teacher Knowladge for 21st Century Learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education. 29(4), 127-140.

Khotimah, H. I. 2019. Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Diklat. (Artikel). Institut Agama Islam Negeri Madura. Pamekasan.

Lestari, I. D., Leksono, S. M., Hodijah, S. R. N., & Agustina, W. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kecakapan komunikasi siswa pada konsep biodiversitas. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 83-87.

Mayer, R. E. 2004. Should three be a three-strikes rule againts pure the american psychological association. American Psychologist Journal. 59(1), 14-19.

Osman, K., Hiong, L.C. & Vebrianto, R. 2013. 21st Century Biology An Interdisciplinary Approach of Biology, Technology, and Mathematics Education. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. (102), 188-194.

Rahmawati, D. & Suprapto, N. 2019. Pengaruh Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Argumentasi Tertulis Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3), 891-894.

Rajanuddin, A.M. 2014. Keterampilan Komunikasi Pustakawan Informasi Perpustakaan STAIN Samarinda. Jurnal Komunikasi dan Sosial Keagamaan. 16(2), 198-209.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pengajaran. Kencana Prenada Group, Jakarta.

Saputri, I. 2018. Perbandingan Kemampuan Argumentasi Siswa Menggunakan Guided Discovery Learning dan Direct Intrucion pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA di SMAN 8 Kota Jambi. (Skripsi). Universitas Jambi. Jambi.

Siswono. 2008. Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan. 15(1), 60- 68.

Utami, A. 2016. Peningkatan Keterampilan Komunikasi IPA Siswa Kelas III Melalui Metode Guided Discovery di SDN Kejambon 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8(5), 746-755.

Trilling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills Learning for Life in Our Times. Wiley, San Fransisco.

Warianto. 2011. Keterampilan Proses Sains. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Program Studi Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat, 10 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.