Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Model SimaYang untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas LKPD berbasis model SiMaYang untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik dan mengetahui ukuran efektivitas LKPD berbasis model SiMaYang dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode yang digunakan quasi experiment dengan desain non-equivalent pretest-postest control group design. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, sedangkan posttest dilakukan untuk memperoleh data penelitian serta mengetahui kemampuan akhir siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIA salah satu sekolah di Bandar lampung tahun pelajaran 2019/2020 yang tersebar dalam 2 kelas, meliputi kelas X1, dan X2. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan, LKPD Berbasis SimaYang efektif terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, dan Keefektifan LKPD berbasis model SimaYang terhadap peningkatan penguasaan konsep tergolong dalam kategori tinggi.
Katakunci: Efektivita, LKPD, SiMayang, Penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Artikel Penelitian Universitas Lampung.
Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMK/MA. BSNP. Jakarta.
Celikler, D. 2010. The Effect of Worksheets Developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1):42-51.
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & H. H. Hyun. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrow-Hill. New York.
Hananto, R. A. 2015. Lembar Kerja Siswa Berbasis Multipel Representasi dengan Model Simayang Tipe II untuk Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Meidayanti, R. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung. Bandarlampung.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Nakhleh, M.B. 2008. Learning Chemistry Using Multiple External Represen tations. Visualization: Theory and Practice in Science Education. Gilbert et al., (eds.), p. 209-231.
Nurmala, V. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung. Bandarlampung.
Parliani, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunungsari pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi. Universitas Mataram. Mataram.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Analisis Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMK Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan penelitian hibah bersaing tahun pertama. Lembaga penelitian Universitas Lampung.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi (Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Media Akademi, Yogyakarta.
Sunyono,Yuanita L dan Muslimin, I. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International, 26 (2):104-125.
Wicaksono, A. G. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMK pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal pendidikan 2(2):85-92.
Yanto, R. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Makroskopis-Mikroskopis-Simbolik pada Materi Larutan elektrolit dan non elektrolit. Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Kimia 2(3): 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.