The Effectiveness of Pre-Lecture Quiz in Improve Students' Fluency Thinking Skills of Buffer Solution Topic
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of the Pre-Lecture Quiz in improving students' ability to fluency thinking skill on buffer solution topics. The method was quasi-experimental with a pretest-posttest non-equivalent control group design. The population of this research was all students of XI science at SMA in Bandar Lampung as many as 8 classes. The sample was taken by cluster random sampling and obtained samples of class XI IPA 2 as an experimental class (variations of learning Pre-Lecture Quiz) and class XI IPA 4 as a control class (learning Non-Pre-Lecture Quiz). The effectiveness of Pre-Lecture Quiz was showed by the significant difference for average n-Gain of fluency thinking skill between the experimental and control class, for the experimental class was 0.71 with “high” categorize and for control class was 0.20 with “low” categorize. It can be concluded that Pre-Lecture Quiz effective and a huge effect on improving student’s fluency thinking skills of buffer solution topics.
Keywords: Buffer Solution, Fluency Thinking Skill, Pre-Lecture Quiz.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berasal dari semua siswa kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung sebanyak 8 kelas. Diperoleh sampel yang secara cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (variasi pembelajaran Pre-Lecture Quiz) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol (pembelajaran Non Pre-Lecture Quiz). Efektivitas Pre-Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa yang signifikan antara kelas eskperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 0,71 berkatagori “tinggi” dan kelas kontrol sebesar 0,20 berkatagori “rendah”. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pre-Lecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga.
Kata kunci: Larutan Penyangga, Keterampilan Berpikir Lancar, Pre-Lecture Quiz.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2013). Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.
Dincer, S. (2015). Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.
Fidiana, E., Rudibyani, R.B., Tania, L. (2017). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 7(1): 104-115.
Fraenkel. (2012). How to Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. New York: McGraw-Hill Inc.
Hardiyanti, Siti. (2019). Pengaruh Pre Lecture Quiz dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.
Idayu, G. (2017). Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Kalasan Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1): 4-11.
Indriani, F., Rudibyani, R.B., dan Efkar, T. (2017). Penerapan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lancar Pada Materi Elektrolit Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1): 116-128.
Jahjouh, Y.M.A. (2014). The effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction. Journal Of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.
Lestari, F. (2016). Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(4): 4-12.
Nabela, I. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran POE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes Siswa Pada Materi Kimia Asam Basa. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Qomaril, Nur. (2019). Efektivitas Pre-Lecture Quiz Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kimia Kelas XI. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.
Safitri, A. (2015). Pengembangan Modul Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rienika Cipta.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sultan, Irawanto. (2017). Penerapan Kuis di Awal Pembelajaran
Pada Materi Kimia Terhadap Minat Belajar Siswa. (Skripsi). Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Trisna, I. K. (2017). Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2): 126-134.
Tumurun, S.W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Kimia Kelas XI. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wasonowati, Redjeki, & Sri. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum-hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3): 66-75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.