Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Siswa

Putri Wulandari Nabila, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


This research aims to describe the effectiveness of e-book to increase motivation and students’ concepts mastery in the acid-base titration topic.  The research method used is quasi-experimental with pretest-posttest control group design.  The increasing motivation and students’ concept mastery is measured by the average value of n-Gain learning motivation and students’ concept mastery after learning using an e-book.  The results of the hypothesis test showed that there are significant differences between n-Gain’s average value of learning motivation and students’ concepts mastery e-book usage and non-e-book usage.  Learning motivation and students’ concepts mastery of acid-base titration had a "huge” influence on learning by the e-book.  It can be concluded that motivation and students’ concepts mastery of acid-base titration topic can be effectively increased by learning using e-book

Keywords: e-book, motivation, concepts mastery, acid-base titration.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design.  Peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa diukur dari rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media e-book.  Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa yang dilakukan pembelajaran dengan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang dalam pembelajarannya tidak menggunkan media e-book.  Motivasi belajar dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pembelajaran dengan media e-book   Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat ditingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book

Kata kunci: e-book, motivasi, penguasaan konsep, titrasi asam basa


Full Text:

PDF

References


Adam, S. & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78-90.

Anisa, E. N. (2017). Pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.

Daniel, M., Sulviana, & Yusminah H. (2018). Penerapan media buku elektronik biologi untuk meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada siswa XI IPA 1 SMAN 5 Sidrap. (Tesis). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed.). New York: McGrow-Hill.

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high school physics, and pretest score in mathematics and spatial visualization. Physic Education Research Conference, 66(1), 1-14.

Jahjouh, Y. M. A. (2014). The effectiveness of blended e-learning forum in planning for science instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.

Keller, J. M. (2010). Motivational design for learning and performance: The ARCS model approach. USA: Springer.

Khasanah, Nur, M., & Suyatno. (2016). Desain perangkat pembelajaran kimia pokok materi titrasi asam basa dengan model pembelajaran inkuiri yang diintegrasikan dengan strategi peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1184-1195.

Martha, Z. D., Adi E. P., & Seopriyanto, Y. (2018). E-book berbasis mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114.

Muhammad, M. Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2017). Penggunaan digital book berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 170-182.

Munadi, Y. (2010). Media pembelajaran: Sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nugraha, I. K. A. E., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2017). Analisis pemanfaatan e-learning sebagai knowledge management dalam mendukung proses pembelajaran di jurusan pendidikan teknik informatika Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 6(1), 1-8.

Nurhasanah, S. & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Riyana. (2017). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Bandung: UPI.

Rohmah, Y. S. (2016). Efektivitas penggunaan e-book interaktif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sadiah, Y. (2008). Network glossary for beginners. Sah Alam: Universitas Teknologi Mara.

Shiratuddin, N. (2003). E-book technology and its potential application in distance education. Journal of Digital Information, 3(4), 14-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.