PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN

Ni Wayan Giriyanti, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


The aim of this research was to describe the effectiveness ofpredict-observe-explain (POE) learning model in reaction rate conceptto enhance prediction skills.  Students who became the subject of this research was 1 Science class grade XI in SMA N 6 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013. This research used the preexperimental method and one-group pretest-posttest design. The effectiveness of POE learning model was determined based on the averageof normalization-Gain  (n-Gain).The results of this research showed that the averageof n-Gainof prediction skills was 0.60.  Thus, it can be concluded that the POE learning model in reaction rate concept effective to enhance prediction skills in medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelaj-aran predict-observe-explain (POE) pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan memprediksi.  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1SMA Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012/2013.  Penelitian ini menggunakan metode preexperimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design.  Efektivitas model pembelajaran POE ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari nilai normalisasi-gain (n-Gain).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memprediksi sebesar 0,60.  Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE  pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dengan kriteria sedang.

Kata kunci: keterampilan memprediksi, n-gain, pembelajaran POE


Full Text:

PDF

References


Hake, R. R. 1999. Analyzing Change-Gain cores..http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses 20 Juni 2012.

Hartono. 2007. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh S1 PGSD Universitas Sriwijaya. FKIP Universitas Sriwijaya. Palembang. Proceeding of The First International Seminar on Science Education.ISBN: 979-25-0599-7

Indrawati dan Setiawan. 2010. Pembelajaran Inovatif Kreatif dan Inovatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta : PPTK IPA.

Joice & weil. 1996. POE (Predict-Observe-Explain) [online] tersedia di http://arb.nzcer.org.nz/strategies/poe.php [08 april 2012]

Mabout. 2006. The use of a Predict-Observe-Explain Sequence in The Laboratory to Improve Students’ Conceptual Understanding of Mation in Tertiary Physics in Thailand. [Makalah disampaikan pada Konferensi Internasional Pendidikan Science di NIE Singapore]. Singapore: National Institute of Education.

Nugraheni, S. W. 2011. Penerapan Model POE(Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SD N Karangbesuksi 4 Malang. Skripsi. Universitas Malang. Malang.

Nurjanah.2011. Penerapan Model PembelajaranPredict-Observe-Explain(POE)

untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan

Rutherford and Ahlgren. 1990.Sciencefor All Americans.Oxford University Press. New York.

Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran.Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode PenelitiaPendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suparno,P. 2007.Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.

Trianto.2007.Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme.Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.