EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of guided inquiry to improve chemical literacy ability in electrolyte and non electrolyte solution topic. This research used quasi experiment with Pretest Posttest Control Group Design. The sample was obtained by cluster random sampling technique, and it was obtained sample was students of X MIA 5 as experiment class and X MIA 4 as control class. The effectiveness of guided inquiry was showed by the significant difference for average n-Gain of chemical literacy ability between the experiment and control class. The results showed that students chemical literacy ability were higher in the experimental calss compared to the control class. Based on the results of the research it can be concluded that effective guided inquiry and has a high effect size to improve the ability of chemical literacy in electrolyte and non electrolyte solution topic.
Keywords: guided inquiry, chemical literacy, electrolyte and non electrolyte solution
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimentdengan pretest-posttest control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain kemampuan literasi kimia yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi kimia siswa tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inkuiri terbimbing efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, literasi kimia, larutan elektrolit dan non elektrolit
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2015. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Desyrula dan Muchlis. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Journal Of Chemistry Education, 6(1): 102-110.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.
Nandah dan Sunarti, T. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada SMA untuk Materi Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3): 381-384.
OECD. 2009. PISA 2009 Assessment Framework Key Competencies inReading,Mathematics, and Science. OECD Publishing Online. Tersedia di: http://oecd.org/dataoecd/11/40/44455820.pdf
OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015. OECD Publishing Online. Tersedia di: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf
Rohli, M., Abdurrahman, dan Suana, W. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains pada Model Pembelajaran Exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1): 57-67.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar. (Disertasi). Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: Tidak dipublikasikan.
Suwarni, R.I.N. 2018. Efektivitas Model Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Wahyuni, E., N. Fadiawati dan N. Kadaritna. 2014. Penggunaan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Kesetimbangan dalam Meningkatkan Keterampilan Fleksibilitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(1): 1-15.
Wang, C. Y. 2007. The role of mental-modeling ability, content knowledge, and mental models in generalchemistry students’ understanding about molecular polarity. (Doctoral dissertation). University of Missouri. Columbia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.