EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KPS TERPADU PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Febry Zahara, Emmawaty Sofya, Tasviri Efkar

Abstract


The aim of this research was to describe the effectiveness of guided inquiry learning model to the integrated  process science skills of electrolyte and non electrolyte solution material. The population of this study was all of classes X MIA in one of the high schools in Natar, while the sample of this study was class X MIA 2 and X MIA 3, this research used Quasi Experimental method with Pretest-Posttest Control Group Design.  The results showed that the average n-Gain value of the experiment class was higher than the control class, with a large measure of influence.  The results showed that learning with guided inquiry models is effective for increasing students' integrated proces secience skill on electrolyte and non electrolyte solution matery.

Keywords: guided inquiry, electrolyte and non electrolyte solutions, integrated process science skills.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu materi larutan elektrolit dan non elektrolit.  Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA di salah satu SMA di Natar, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 2 dan X MIA 3, menggunakan metode Quasi Eksperimendengan Pretest-Posttest Control Group Design.  Hasil penelitian menujukkan rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan KPS terpadu siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non elektrolit, KPS terpadu.


Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., Santosa. S., dan Maridi. 2013. Penerapan pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1).

Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilgin, I. 2009. The Effects of Guided Inquiry Instructions Incorporating a Cooperatif Learning Approach on University Students' Achievement of Acid and Bases Concept and Attitude Toward Guided Inquiry Instructions. Scientific Research and Essay, 4(10).

Dewi, P. S. 2016. Perspektif Guru sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2).

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dincer, S. 2015. Effect Of Computer Assisted Learning On Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal Of Turkish Science Education, 12(1).

Farida, Y. dan Muchlis. 2017. Model POGIL Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa yang Memiliki Kemampuan Awal Berbeda Materi Laju Reaksi Kelas XI SMAN 1 Pacet Mojokerto. UNESA Journal of Chemistry Education, 6(1).

Fidiana, E.Betta, R. R., dan Tania,L. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Siswa pada Materi Larutan Penyangga Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., dan H. H. Hyun. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGraw Hill Companies.

Hake, R. R. 2002. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1).

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Iswatun, I., Mosik, M., dan Subali, B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi pendidikan IPA, 1(1).

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4).

Mayasari, I. 2017. Pengaruh LKS berbasis Inquiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Monhardt, L. and R. Monhardt. 2006. Creating a Context for the Learning of Science Process Skills Through Picture Books Early Childhood Education Journal, 10(4).

Nur, A., Indrowati, M., dan Maya, R. 2012. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2).

OECD. 2016. Programe for International Student Asessent (PISA) Result From PISA 2015. OECD Publish in Online. Diperoleh dari https://www.occd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.

Okhee, L. 2006. Science Inquiry and Student Diversity: Enchanced Abilities and Continuing Difficulties After an Instructional Intervention. Journal Of Research In Science Teaching, 12(7).

Rismalinda, A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi. Bandar Lampung FKIP Universitas Lampung. Tidak dipublikasikan.

Santika, A. D. 2017. Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes pada Materi Larutan elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Sartika, S. B. 2015. Analisis Keterampilan Proses sains (KPS) Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Soal Ipa Terpadu. Skripsi. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Semiawan, C. 1992. Pendidikan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Suwarni, R. I. N. 2018. Efektivitas Model Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

TIMSS. 2016. Average Mathematics Scores of Fourth and Eight Grade Students. By country.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trowbridge, L. W., and R. W. By bee. 1990. Becoming a Secondary School Science Teacher. Melbourne: Merill Publishing Company.

Wang, C. Y. 2007. The Role of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General Chemistry Students' Understanding About Molecular Polarity. Doctoral dissertation. University of Missouri. Columbia.

Wisudawati, A. W., dan E. Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Pasca sarjana Universitas Mulawarman, 14(1).

Zawadzki, R. 2009. Is Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) suitable as teaching Method in Thailand’s Higher Education?. Asian Journal on Education and Learning, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.