Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Praktikum Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Abstract
Keywords: assessment performance instrument on experiment, electrolyte solution development
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja praktikum larutan elektrolit dan non elektrolit, mendeskripsikan karakteristiknya dari segi keterbacaan, konstruksi dan keterpakaian produk, serta mendeskripsikan tanggapan guru kimia terhadap instrumen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Hasil validasi ahli terhadap instrumen asesmen kinerja yang dikembangkan menunjukkan aspek keterbacaan 91,11%; aspek konstruksi 84%; dan aspek keterpakaian 100 %; yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Guru juga telah memberikan tanggapan dengan sangat baik terhadap aspek keterbacaan, konstruksi dan keterpakaian produk dengan persentase masing-masing 96,67%, 96%, dan 96,67%. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik.
Kata kunci: instrumen asesmen kinerja praktikum, larutan elektrolit, pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama. Bandung.
Abrahams, I., Reiss, M.J., dan Sharpe, R.M. 2013. The Assessment of Practical Work in School Science. Studies in Science Education. 49(2), 209-251.
Anonim. 2013a. Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Kemendikbud. Jakarta.
_______. 2014a. Permendikbud No.104 tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Kemendikbud. Jakarta.
_______. 2014b. Permendikbud No 59 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Kemendikbud. Jakarta.
Ardli, I., Abdullah, A.G., Mujdalipah, S., dan Ana. 2012. Perangkat Penilaian Kinerja untuk Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan. INVOTEC, 8(2), 147-166.
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Karviyani, S., Rosilawati, I., dan Efkar, T. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Praktikum pada Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(1), 83-94.
Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Oktriawan, T., Fadiawati, N, dan Rosilawati, I. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja pada Praktikum Pengaruh Luas Permukaan Bidang Sentuh terhadap Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(2), 593-604.
Stiggins, R. J. 1994. StudentCentered Classroom Assesment. New York: Merrill.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Sudrajat, A., Permanasari, A., Zainul, A., dan Buchari. 2011. Pengembangan Rubrik Asesmen Kinerja untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa Melakukan Praktikum Kimia Analisis Volumetri. Jurnal Chemica, 12(1), 1-8.
Sukmadinata, N. S. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Susila, I. K. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Kelas X Di Kabupaten Gianyar.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(2), 5-7.
Wulan, A.R. 2007. Penggunaan Asesmen Alternatif pada Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Biologi: Perkembangan Biologi untuk Menunjang Profesionalisme. Mei. 381-383.
_________. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Pendidikan. 29(3), 1-11.
_________. 2013. Penilaian Kinerja Portofolio Pada Pembelajaran Biologi. Artikel Pendidikan Biologi.1-16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.