PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA
Abstract
This research aims to describe the effect of using student’s worksheet based on problem solving to improve student’s communication and collaboration skills. The method used quasi experiment with pretest posttest non-equivalent control group design. The sample were taken by clauster random sampling tehnique obtained by class X MIPA 4 as experimental class and X MIPA 6 as control class. The results show that student’s communication and collaboration skills on the experimental class were higher than on the control class. Therefore, it can be concluded that the use of student’s worksheet based on problem solving has given large effect to improve student’s communication and collaboration skills.
Keywords: student’s worksheet based on problem solving, communication, collaboration
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest posttest non equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkaan bahwa LKS berbasis probem solving memberikan pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa.
Kata Kunci : LKS berbasis Problem Solving, komunikasi, kolaborasi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, S.B., dan A, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Fidiana, E., Rudibyani, R.B., Tania, L. 2017. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 7 (1): 104 115.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York. McGrow-Hill.
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Istiqomah. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Problem Solving dalam Meningkatkan Ketrampilan Memprediksi dan Inferensi. (Skripsi). Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Murawsky, W.W. 2010. Collaborative Teaching in Elementary School. California. Corwin.
Sherliani, N. 2016. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan LKS Berbasis Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengklasifikasi Pada Materi Asam. (Skripsi). Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florade, 2(1): 1-19.
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multiple Representasi. Yogyakarta. Media Akademi.
Trilling, B. and Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.
Warianto, 2011. Keterampilan Proses Sains. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Wijaya, E. Y. 2016. Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1. Malang. Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.