EFEKTIVITAS PRE-LECTURE QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of Pre-Lecture Quiz to improve student’s communication skill on Arrhenius acid-base topic. The research method used was quasi experimental with non-equivalen pretest-postest control group design. The sample selection was done by cluster random sampling, obtained XI IPA 1 as experimental class and XI IPA 2 as control class. The effectiveness of Pre-Lecture Quiz was showed by the significant difference for average n-Gain of flexible thinking skill between the experiment and control class, for experiment class was 0.71 with high categorize and for control class was 0.55 with middle cateogorize. The conclusion of this research is effective Pre-Lecture Quiz and has a high effect size to improve the ability of communication on Arrhenius acid-base topic.
Keywords: communication, Pre-Lecture Quiz, Arrhenius acid-base
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pre-lecture quiz untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalen pretest-postest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Efektivitas Pre-Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori “tinggi” dan kelas kontrol sebesar 0,55 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pre-Lecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi asam basa Arrhenius.
Kata Kunci: keterampilan komunikasi, Pre-Lecture Quiz, asam basa Arrhenius
Full Text:
PDFReferences
Archambault, J. 2008. The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics: Arizona State University.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu. 2012. Pengaruh Pemberian Kuis terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Smp Kanisius Kalasan Tahun Pelajaran 2012/2013 Pada Materi faktorisasi suku aljabar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1).
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajar tentang Struktur Atom dari SMA hingga Perguruan Tinggi (Suatu Studi Deskriptif-Cross Sectional). (Disertasi) Program Doktor Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education Eight Edition. New York: The Mc Grow-Hill Companies.
Idayu, G. 2017. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Kalasan Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal pendidikan, 6(1).
Lestari, F. 2016. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(4).
Maryanti. 2013. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(2).
Michael, K. S. 2010. Using Pre-Lecture Resources in Your Teaching: A Short Guide. Journal of Chemical and Pharmaceutical Sciences. III.
Rani, W. 2018. Efektivitas Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2).
Sari, A. P. 2018. Efektivitas Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2).
Sari, E. 2015. Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengetahui Argumentasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2).
Sari, Y. E. 2016. Efektivitas Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3).
Setyosari, P. 2006. Belajar berbasis masalah (Problem based learning). Malang: PGSD FIP UNY.
Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif :Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksono, G. 2013. Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1).
Wulandari. 2016. Pengaruh Independensi, Kompetensi, Due Professional Care, dan Etika terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ekonomi, 7(2).
Yuline. 2015. Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa dengan Teman Sebaya di SMA. Tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.