Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan KPS Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Abstract
This study aimed to describe the effectiveness of POGIL model to increase science process skills (SPS) in electrolyte and non electrolyte solution topic. The population of this research was all tenth grade of science students. The sampling used purposive sampling technique and obtained class X Science 4 as the experimental class and X Science 2 as the control class. This method of this research is Quasi Experiment with Pretest-Posttest Control Group Design. Data analysis used two difference on average test used the Mann-Whitney U test. The results showed that the average n-gain of SPS students in the experimental class was higher than the average n-gain of SPS students in the control class. Based on these results it can be concluded that learning with POGIL model is effective to increase science process skills in electrolyte and non electrolyte solution topic.
Keywords: electrolyte and non electrolyte solution, POGIL model, and SPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yang menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain KPS siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kata Kunci: KPS, larutan elektrolit dan non elektrolit, dan model POGIL.
Full Text:
PDFReferences
Annisa, K. 2016. Keefektifan Pendekatan POGIL Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid. Chemistry in Education, 6(1): 40-46.
Fitriyani, R., Haryani, S., dan Susatyo, E. B. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2): 1957-1970.
Gale, S. D., & Boisselle, L. N. 2015. The Effect of POGIL on Academic Performance and Academic Confidence. Science Education International, 26(1): 56-61.
Indraswari, R. A., Widodo, W., & Muchlis. 2015. Penerapan Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan KPS pada Materi Kalor Kelas VII SMP N 22 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2): 1-9.
Ilmi, A.N.A., Indrowati, M., & Probosari, R.M. 2012. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap KPS Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2): 44-52.
Listyawati, M . 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1): 1-9.
Mahardiyanti, T. 2013. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Pemberian Tugas Artikel Internet di Kelas VI SD Negeri Tanjungrejo 3 Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1): 67-76.
Mudalara, I. P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianyar Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2): 2-22.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Ningsih, S.M., Bambang, S., dan Sopyan, A. 2012. Implementasi Model POGIL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2): 44-52.
Qomaliyah, E. N., Sukib, S., dan Loka, I. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar MIPA,11(2): 105-109.
Sari, W. B. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran POGIL Terhadap KPS Siswa Kelas X MAN Demak pada Materi Getaran Harmonik. (Skripsi). Semarang: UIN Walisongo.
Semiawan, C.,Tangyong, A. F, Belen, S. dan Matahelemual, Y. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia.
Setyaning, Y. D dan Laily, R. 2017. Penerapan Model POGIL untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sains, 5(02): 108- 112.
Sunarya, Y., Siska, M., dan Kurnia. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1): 69-75.
Tim Penyusun. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Zawadzki, R. 2010. Is Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) suitable as a teaching method in Thailand’s higher education. Asian Journal on Education and Learning, 1(2): 66-74.
Refbacks
- There are currently no refbacks.