PENGARUH PRE LECTURE QUIZ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
Abstract
Keywords: pre lecture quiz, communication, Arrhenius acid-base
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pre lecture quiz dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu asam basa Arrhenius. Teknik purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pada kelas eksperimen menggunakan pre lecture quiz dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan pre lecture quiz. Hasil uji regresi linier sederhana ditunjukkan bahwa pre lecture quiz terdapat pengaruh positif yang linier dan signifikan pada taraf 0,05 dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa, serta memiliki nilai determinasi sebesar 31,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pre lecture quiz berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa.
Kata kunci: pre lecture quiz, komunikasi, asam basa Arrhenius
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Idayu, G. 2017. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Kalasan Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Journal Student UNY, 5(4): 6-7.
Lestari, F. 2017. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Journal Student UNY, 5(4): 6-7.
Manik, D. P. 2015. Efektivitas Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Ksp dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2): 744-755.
Marfuah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2): 148-160.
Michael, K. 2010. Using Pre-Lecture Resources in Your Teaching: A Short Guide. Journal of Chemical and Pharmaceutical Sciences, 1-3 hlm.
Puspita, A. D. 2018. Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Evaluatif dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2).
Rahayu, M. P. 2018. Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(3).
Riskawati. 2017. Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika UMM, 5(1): 91-98.
Side, S. 2017. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Parepare. Jurnal Universitas Negeri Makassar, 18(1): 31-34.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.