PENGARUH PRE LECTURE QUIZ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Siti Hardiyanti, Tasviri Efkar, Bayu Saputra

Abstract


This research was aimed to describe the effect of pre lecture quiz in improving creative thinking skill and student concept mastery. The research method used was quasi-experimental with pretest-posttest control group design. The sample selection was done by purposive sampling, and XI IPA 3 is obtained as experimental class and XI IPA 1 as control class. The chemical material taught in this research is Arrhenius acid base. The effect of pre lecture quiz was measured based on a simple regression test. The results of a simple regression test at a significance level of 0.05 showed a positive linear influence of the pre lecture quiz on creative thinking skill and student concept mastery, with a contribution of 16.9% influenced by the pre lecture quiz.

Keywords: Arrhenius acid base, creative thinking, pre lecture quiz 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pre lecture quiz dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest  control  group  design.  Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.  Materi kimia yang diajarkan pada penelitian ini adalah asam basa Arrhenius.  Pengaruh pre lecture quiz diukur berdasarkan uji regresi sederhana.  Hasil uji regresi sederhana pada taraf signifikansi sebesar 0,05 menunjukkan adanya pengaruh linier positif dari pre lecture quiz terhadap keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa, dengan kontribusi sebesar 16,9% dipengaruhi oleh pre lecture quiz.

 

Kata kunci: asam basa Arrhenius, berpikir kreatif, pre lecture quiz



Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Guilford, J. P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Fraenkel. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.

Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Idayu, G. 2017. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Kalasan Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pembelajaran Kimia, 6(1): 39-46.

Istiana, G. A. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2): 65-73.

Kilickaya, F. 2017. The Effects of Pre-Lecture Online Quizzes on Language Students’ Perceived Preparation and Academic Performance. Journal of Mehmet Akif Ersoy University, Volume 53.

Lestari, F. 2016. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1): 1-8.

Nurmala. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Simayang dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2): 1-10.

Puspita, A. 2018. Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Evaluatif dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2).

Sadirman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Santika, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (3).

Seery, M. 2010. Using Pre-Lecture Resources in Your Teaching: A Short Guide. Journal of Chemical and Pharmaceutical Sciences III, Hlm. 1-3.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widhiarso, W. 2017. Uji Homogenitas di dalam Uji-t. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.